Harga sebuah Penghargaan

   Siapa sih yang gak mau dihargai??? Setiap orang pasti ingin dihargai. Hingga dalam sebuah hierarki kebutuhan oleh Abraham maslow pun penghargaan disebutkan ke dalam hierarki tersebut. Karena manusia menyukai untuk dihargai setelah mereka mengerjakan sebuah kerja keras, minimal sebuah respon atas kerja keras tersebut. Namun apakah penghargaan akan mudah diperoleh oleh seorang pemula?? Yang masih memiliki sedikit pengalaman?

Memang penghargaan adalah sesuatu yang sangat istimewa, hingga seringkali orang-orang mengerjakan suatu pekerjaan hanya karena ingin mendapatkan penghargaan tersebut. Pekerjaan yang didasari dengan motivasi seperti itu mungkin saja akan sangat menyedihkan ketika tak tercapai penghargaan tersebut. Akan lebih baik jika kita merasa bahwa kita mengerjakan pekerjaan tersebut karena kita mencintai pekerjaan tersebut dan bukan karena penghargaan yang akan kita peroleh ketika kita selesai mengerjakannya.  Terlebih untuk seorang pemula, jangan terlalu berharap akan suesuatu yang dinamakan penghargaan. Karena pengalaman dan pengetahuan yang masih minim sangat mendukung kewajaran jika penghargaan itu tak datang dengan mudah pada mereka.

Akan lebih baik untuk pemula jika mereka terus berkarya tanpa mengharapkan suatu penghargaan ataupun imbalan. Karena mencari pengalaman lebih penting adanya untuk mencapai kesuksesan itu sendiri. Dengan terus berlatih bagaikan sebuah piasu yang terus diasah maka ia akan semakin tajam. Dan semakin tinggi fungsinya. Semakin kita memiliki pengalaman dan pengetahuan yang tinggi semakin kita dimudahkan oleh pengetahuan dan pengalaman tersebut. Dan hal itu diperoleh melalui kerja keras yang intensif dan tanpa lelah. Untuk awal karir memang sebaiknya kita tak mengharapkan penghargaan, terlebih penghargaan yang besar. Yang terpenting adalah terus mengasah pengalaman dan pengetahuan, karena penghargaan itu tak untuk dicari melainkan akan datang dengan sendirinya ketika pengalaman dan pengetahuan tersebut bertambah dan menjadi sebuah keahlian yang baik.

@Homesweethome

October 31st, 2012 01:31 pm

Advertisements

Published by

nadhirulmaghfiroh

Hi, I'm me. Who am I? Read me. :P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s