Kritisi Kritik

Mencoba kritis terhadap sesuatu adalah hal yang baik untuk melatih ketrampilan berbicara ataupun menulis, khususnya dalam menyampaikan pendapat kita tentang semua kejadian yang sedang terjadi. Menjadi kritis bukanlah karena paksaan, karena untuk mengkritisi suatu kejadian kita membutuhkan pikiran yang ikhlas dan pastinya terbuka. Pengkritisan suatu kejadian tak kan berjalan dengan baik ketika itu datang dengan terpaksa.

Memang baik ketika kita mudah mengkritisi suatu hal. Namun kita juga harus mengerti konteks dan bagaimana cara penyampaian kritis tersebut dengan tepat. Karena tak semua orang mampu menerima sebuah kritikan yang kita sampaikan. Terlebih jika kritik yang kita sampaikan tersebut tersampaikan dengan cara yang salah. Bukannya memperbaiki masalah, bisa-bisa malah memperparah masalah tersebut.

Penyampaian yang sesuai dengan konteks dan keadaan setiap orang yang akan kita kritisi sangatlah membantu keberhasilan dari kritik tersebut. Karena mayoritas orang itu awalnya akan teryakinkan dengan penampilan luar, dan akan menyikapi hal-hal lainnya setelah dia teryakinkan dengan penampilan luar. Namun jika kita tak mampu meyakinkan di langkah awal, bagaimana mereka akan melanjutkan kepercayaan itu? Yang ada mereka tak kan menggubris dan tak memperhatikan kritik kita, menganggapnya sebagai omongan tak penting dan angin lalu saja. Apalagi jika kita menyampaikannya dengan bahasa yang menyinggung perasaan mereka. Maka tak hanya tak dianggap namun kritik itu akan menjadi awal dari sebuah petaka, dendam, ataupun perpecahan.

Sungguh lebih penting bagaimana kita menyampaikan kritik itu sendiri daripada isi kritik. Selain agar orang yang kita kritik mau mendengarkan kritik kita, juga agar tercipta tujuan perbaikan dari kritik itu sendiri. Namun akan lebih bermanfaat jika isi kritik tersebut juga baik dan berisi. Karena tak dapat dipungkiri bahwa perubahan itu sendiri tergantung dari isi kritik.

@Homesweethome

October 30th, 2012 11:11 pm

Advertisements

Published by

nadhirulmaghfiroh

Hi, I'm me. Who am I? Read me. :P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s