Petualangan 3 Tahun

Yah waktunya bersantai dan tidak melakukan apapun. Walau tugas UAS masih bergelantungan menuntut untuk dikerjakan tapi saya malah asik ngelamun memikirkan 3 tahun yang begitu wonderful ini.

Saya teringat bahwa sebelum saya menjadi mahasiswa ilmu komunikasi UB dan mengalami 3 tahun yang bahagia ini saya telah mengambil keputusan yang saat itu terasa sangat besar. Kenapa? Saat SMA saya berada pada jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan untuk masuk pada Ilmu Komunikasi, saya harus mengikuti tes IPS / IPC karena Ilmu Komunikasi masuk pada kategori ilmu sosial. Saat itu saya mengambil tes SNMPTN IPC (saat itu namanya masih SNMPTN bukan SBMPTN), karena saya tidak terlalu yakin jika saya mengambil SNMPTN IPS apakah saya bisa menembusnya karena basic IPS saya sangat kurang. IPC (Ilmu Pengeatahuan Campuran). Jadi saya saat itu memiliki 3 pilihan jurusan, saya menyusunnya sebagai berikut Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya, Sastra Inggris Universitas Negeri Malang, dan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang.

SNMPTN_12_

Kartu Identitas Ujian SNMPTN Saya

Saya bersama sahabat saya Enggar Kusuma Ningtyas bertekad untuk menaklukkan tes tulis tersebut dengan belajar bersama. Saya mulai meminjam buku-buku IPS dari salah satu teman saya yang berasal dari jurusan IPS, Putri Lingga Pertiwi (Maaf put, bukunya belum tak kembalikan sampai sekarang, tapi kata Putri gak papa dipake aja, hehe). Dalam waktu kurang lebih satu bulan sebelum SNMPTN dimulai saya menulis catatan “Mission Must Possible” untuk mempelajari ilmu-ilmu sosial tersebut. Saya banyak persen tidak yakin dengan hal ini, melihat peminat Ilmu Komunikasi UB yang saat itu begitu banyak serta gradenya yang lumayan, saya menggantungkan harapan pada pilihan nomor 2 saya, Sastra Inggris UM.

Tetapi Alhamdulillah, Tuhan begitu mencintai saya. Saat malam pengumuman tiba, saya sengaja mematikan handphone saya karena saat itu saya tak bisa melihat pengumuman secara tepat waktu karena harus ada acara dan saya tak ingin terganggu dengan kabar-kabar bahwa hasil sudah keluar. Dan setelah saya pulang dari acara tersebut, dengan jantung yang seakan berada di tenggorokan saya membuka pengumuman. Dalam hati saya berkata bahwa saya sudah siap untuk kemungkinan terburuk. Tetapi setelah saya melihat pengumuman Alhamdulillah saya masuk pada pilihan pertama saya, Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya.

SNMPTN

Saya pun menjadi Mahasiswa Ilkom UB angkatan 2012 setelah melakukan berbagai tahapan, mulai dari daftar ulang :), PKK-MABA yang wow sekali, rangkaian student day yang menganggu saya untuk pulang ke rumah, dan hal-hal pembuka lain yang super sekali.

Semester 1 pastinya merupakan semester pembuka dengan banyak sekali hal yang telah terlewat. Tetapi hal yang paling saya ingat adalah pada semseter 1 saya rajin sekali berangkat pagi hari bukan untuk kuliah walau memang ada kuliah pagi, tetapi untuk menikmati Wi-Fi yang berada di gedung Widyaloka dekat gedung kuliah bersama yang saat itu saya gunakan untuk kuliah.

Semester ini juga saya menjadi orang yang selalu bimbang dan ingin pulang, jadi meskipun sudah memiliki kamar kos saya tetap bersikeras untuk pulang ke rumah. Haha. Terlebih dengan tugas yang masih tak terlalu banyak, praktek yang masih sedikit saya bisa pulang ke rumah sebanyak yang saya mau. Saat itu saya juga mendaftar sebagai anggota pers mahasiswa UB dan mengalami berbagai petualangan menarik seperti diklat OWB dan IHT yang memperkenalkan saya dengan petualangan jurnalistik dan memperkenalkan saya dengan orang-orang berbakat yang sampai sekarang menjadi idola saya seperti bapak Bambang Semedhi, mantan wartawan Istana Negara yang selalu menceritakan pengalaman menjelajah dunianya dengan sangat apik. Saya masih ingat perkataan beliau, “Jika saya diberi kesempatan untuk hidup di kesempatan mendatang saya akan memilih menjadi Jurnalis lagi.” Saya sangat bahagia mendengar perkataan beliau.

20102012545

 

Salah satu Momen bersama tim saya saat OWB di Gunung Kawi Kab. Malang

Saya juga berkesempatan mewawancarai orang-orang berbakat seperti mas Vardian dari fakultas Kedokteran yang sempat memperoleh medali emas dari Program Kreatifitas Mahasiswa, mas Paudra dari fakultas perikanan dan ilmu kelautan yang juga memperoleh medali emas dari PKM, serta bapak Suryadi yang saat itu menjabat sebagai PD III FISIP UB yang memiliki semangat menulis yang tinggi. Bagi saya mereka adalah orang-orang dengan bakat yang sangat besar, jenius, dan bisa merealisasikan kejeniusannya.

Semester 2 merupakan semester dimulainya ‘struggle’ mahasiswa ilmu komunikasi. Yang paling saya ingat adalah mata kuliah Dasar-dasar Public Relations. Saya sebagai orang yang tak pernah peduli dengan penampilan harus benar-benar membeli makeup, memakai makeup, dan high heels saat mata kuliah tersebut diadakan. Ya Tuhaaan, hingga teman saya SMA yang saat itu bertemu dengan saya dan berasal dari fakultas lain mengatakan dia begitu kaget dnegan penampilan saya yang tidak seperti biasanya. Haha. Tapi kini saya berpikir mata kuliah ini benar-benar seru, titik awal sebagai mahasiswa Ilkom, bertemu klien, mengaplikasikan citra, membuat program komunikasi, dan lain-lain.

DSC_0494

‘Pemotretan’ untuk tugas Dasar-dasar PR. Hahaha

2013-04-22 18.04.39

Setelah Matkul Dasar-dasar PR hehe

Mata kuliah lain yang menjadi idola saya saat semester 2 adalah Sistem Hukum Indonesia yang diampu oleh bapak Setyawan Nur Daya Sakti dari Fakultas Hukum UB. Beliau bisa dikatakan adalah dosen favorit saya dari fakultas luar fisip. Kenapa? Karena cara beliau mengajar yang sangat santai tapi berisi, penuh dengan joke (bocor-bocor) yang menjadikan materi begitu mudah masuk di otak. Hehe. Selain itu ada pula kejadian yang menurut saya sangat fenomenal di kelas SHI ini. Salah seorang mahasiswa dari kelas saya mengirim SMS kepada kepada pak Dosen tersebut untuk titip absen. Mahasiswa tersebut mengira nomer tersebut adalah salah satu nomer mahasiswa kelas SHI. Hahaha. Pak Setyawan menerima SMS tersebut saat kelas saya sedang berlangsung dan kami semua langsung tertawa satu kelas. Hahahaha.

Semester 3 lebih terasa lagi strugglenya. Ditandai dengan sebuah eksibisi yang harus kelas saya lakukan, eksibisi tersebut mengenai etika dan filsafat komunikasi yang diampu oleh bapak Dr. Antoni.

Photo0342

Etfilbition

Photo0381

 

Etfilbition yang Cool haha

Di semester ini juga saya menerima matkul komunikasi antar budaya yang mengharuskan saya dan kelompok saya bertemu dengan teman-teman dari budaya lain untuk berbagi pengetahuan. Saat itu kami mengobservasi kehidupan kelompok mahasiswa POLINEMA yang berasal dari daerah Timur Indonesia. Papua dan Maluku. Yang membuka mata kami bahwa pemerintah seharusnya mulai memperhatikan pembangunan di daerah Timur Indonesia.

 

Camera 360

Usai Wawancara untuk Tugas Komunikasi Antar Budaya

Photo0448

Survey Lokasi Syuting

Photo0560

Hujanpun tak mematahkan semangat kami, hahaha

Pada semester ini pula saya dan kelompok saya harus membuat sebuah film berdurasi 1 jam yang saat itu kami mengambil tempat di kebun teh Lawang. Dan harus berangkat pada jam 3 pagi untuk mengambil gambar.

Posternya3

Desain Poster Pertama Seu,ur Hidup Saya hehe

Hmmm…Semester 4 adalah semester menjamurnya mata kuliah praktikum. Yang saya ingat adalah mata kuliah HMM yang menjadi salah satu mata kuliah favorit saya pada semester ini. Mengapa? Karena Pak Anang menjadi dosen dari mata kuliah ini. hehe. Mata Kuliah HMM menjadi titik awal saya mempelajari corel draw, dan membuat poster pertama saya dalam hidup saya. Poster ini digunakan untuk pameran media literasi di FISIP UB.

Selain itu, pada semester ini membuat saya semakin mengidolakan ibu Desi Dwi Prianti. Dan membuat saya memahami feminism melalui mata kuliah Cultural Studies. Saya sangat mengidolakan bu Desi, beliau adalah dosen favorit saya di FISIP UB. Saya kagum dengan pemikiran beliau yang kritis. Dan saya sempat kecewa saat tahu bu Desi tidak akan bisa membimbing tugas akhir saya nantinya karena bu Desi menerima beasiswa di Utrecht. Tetapi saya bahagia dan bangga akan prestasi bu desi tersebut.

Pada liburan semester 4 menuju semester 5 ini saya sempat mendaftar sebagai volunteer street child solidarity, sebuah program yang diselenggarakan oleh BEM FISIP UB selama kurang lebih 3 bulan. Disini saya bertemu dengan adek-adek yang keren dan cool abis. Belajar jadi ibu intinya. hehe

hari ini

Bersama adek-adek dalam Proyek SCS

Photo0130

Makan bareng yuk, gak boleh rebutan yaaa

Semester 5 adalah semester yang bisa dikatakan wow, praktek. Haha. Mulai dari praktek sosial marketing yang mengharuskan tim kami menjadi ikon yang menyita perhatian FISIP pada hari kampanye dimulai. Saat itu kami kampanye anti begadang dan kami mengambil tema zombie.

IMG_6345

Salah Satu Suasan saat Kampanye Anti Begadang Bersama The Owl Social Marketer

IMG_6364

Bang Rhoma Ngehits bet yaaa. hahha

IMG_6479

Zombie-zombie The Owl Social Marketer

Praktek lainnya yang sangat menyenangkan adalah mata kuliah manajemen media yang mempertemukan saya dengan Jawa Pos dan begitu jatuh cinta setelahnya dan harus mengalami nasib pahit karena tidak bisa magang di sana. Hehe

DSC_1515

Di Depan Graha Pena, Surabaya

20141013_144035

Masih Sama hingga sekarang, masih selalu menginginkan bekerja dalam ruangan indah ini

Semester 6? Bisa dikatakan “Kamu manusia terkuat sedunia karena bisa melalui semester 6!” Mulai dari event MTK yang seru dan mempertemukan saya dengan pribadi-pribadi hebat Claps, struggle mata kuliah lain seperti membuat film untuk mata kuliah sinematografi, observasi dan program untuk Komunikasi Internal, PSC, dan masih banyak lagi.

e76ab5d5918148767d4f2a028429fdd0d8e7822

Claps Team!

00ec63bce7d517056e405197fbe4791029e58a9

Claps Claps

3ee37ac773ace6cbacec691b1417ebc12f0eb8c

Briefing Sebelum Indonesia Matcha Festival

e58336cad619a4a97bf77e1559f43af1fb95510

Bersama Mbak Titis di IMF hehe

a591e58d225adf37d9ec064cbd02405b0a8baa9

Claps Doa Dulu Sebelum Acara IMF Dibuka yaaa 🙂

1a0b3186394312e6247857e7a95afb6b79202e7

Indonesia Matcha Fest 2015… First In Indonesia !

6f8a2955926668587a6e481e8bb40ecd691166f

af91d545f247ba4adb9d9d6c05fa4d6934ac008

178784b93c94b6d477e782c8442dc3b558ddee3

f38ae79436d5e60ca79d984c2e796edaf4bf876

Selain itu pada semester ini juga saya harus merasakan pahitnya miskomunikasi dengan Jawa Pos. Hiks. Saat itu bulan Maret saat awal saya menyerahkan proposal ke Jawa Pos untuk magang. Salah satu karyawan Jawa Pos mengatakan bahwa kantor HRD berada di lantai 5 dan saya langsung ke sana. Mereka mengatakan bahwa lowongan magang untuk bulan Juni penuh dan ada pada bulan Oktober, dan saya membuat proposal lagi untuk bulan Oktober. Saya mengirimkan lewat pos, tetapi dari pihak Jawa Pos mengabarkan pada saya bahwa mereka tidak menemukan proposal saya dan saya disarankan untuk memberikan langsung ke sana. Saya pun berangkat menuju Jawa Pos untuk menyerahkan proposal. Tetapi ternyata lantai 5 tersebut menangani magang untuk bagian IT. Oh Tuhaaaaannnn!!!! Dan yang menangani magang jurnalistik ada pada lantai 4! Saya kira lantai 4 hanya digunakan untuk ruang redaksi, ternyata tidaaakkkkk… Dan selama beberapa bulan ini ternyata saya menjadi orang yang sangat bodoh. Hehe.

Tapi di sisi lain meskipun saya sedih hingga kini belum mendapatkan tempat magang saya bahagia karena saya berhasil mengirimkan outline skripsi dan mengangkat tema yang sangat saya inginkan, jurnalisme konflik/perang dan feminism. Alhamdulillaaah..

Photo0011

 

Pengajuan Judul Skripsi

Hehe, yah itulah sedikit cerita dari saya. Itu bukanlah keseluruhan kehidupan mahasiswa Ilmu Komunikasi. Masih begitu banyak hal-hal lain yang terselip dan belum saya ceritakan. Hehe.

Intinya Ilmu Komunikasi cocok bagi kalian yang menyukai petualangan!

 

Published by

nadhirulmaghfiroh

Hi, I'm me. Who am I? Read me. :P

Leave a Reply

