Cantik

Snow-white-disneyscreencaps.com-32

“Magic mirror on the wall who is the fairest one of all?” (Cermin ajaib, siapakah yang paling cantik di dunia?) Masih ingat dengan kalimat itu? Kalian pasti tahu kata-kata itu jika kalian adalah penggemar atau setidaknya pernah nonton film kartun klasik Disney “Snow White and The Seven Dwarfs.”

Kalimat itu diucapkan tiap kali sang ratu menatap dirinya di depan cermin ajaib. Dan Ratu harus kecewa dengan jawaban sang cermin yang pada akhirnya menetapkan Snow White sebagai gadis tercantik. Sang Ratu berusaha untuk memusnahkan Snow White dari muka bumi dengan segala cara dan berbagai percobaan pembunuhan walau tak berhasil. (Plot kegemaran Disney : Happy Ending dan selalu dimenangkan oleh kebaikan)

Kecantikan bagi seorang wanita tak dapat dipungkiri adalah salah satu hal yang paling wanita pikirkan. Terlebih bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang harus berhubungan dengan orang lain atau masyarakat, misalnya Public Relations atau humas, pekerja bank, sales, receptionist, dan lain-lain.

Tak hanya itu, menjadi ‘cantik’ seringkali tak hanya untuk kepentingan pekerjaan tetapi juga untuk kepentingan lain seperti ingin menjadi pusat perhatian, ingin dianggap keberadaannya, trend, menggoda, dan mencari pasangan.

Oleh karena itu, wanita terkadang hanya sibuk mempercantik dirinya sendiri. Mencari segala referensi, tutorial terbaru mengenai perkembangan fashion, makeup, style, model rambut, sampai harga-harga barang yang menunjang mereka untuk menjadi ‘cantik.’ Hingga terkadang mereka sibuk dengan pendapat orang lain mengenai penampilan mereka.

Banyak sekali wanita yang mengalami tekanan hanya karena tetangga mereka mengatakan mereka salah kostum, merasa sedih hanya karena warna lipstick mereka tak bagus, dan lain sebagainya.

Menurut saya hal tersebut bukanlah hal yang sehat untuk terus dilakukan. Pendapat orang lain mengenai penampilan memang bisa dianggap penting. Tetapi menjadi diri sendiri dan tak begitu saja mengizinkan orang lain merubah apa yang kau anggap bagus itu lebih berharga.

Seperti dalam kalimat pembuka tulisan ini, jika kau bercermin kau akan melihat pantulan dirimu sendiri. Cermin yang kau miliki itu anggaplah sebagai cermin ajaib. Bertanyalah “Magic mirror on the wall who is the fairest one of all?” maka bayanganmu sendiri yang akan muncul bukan bayangan orang lain.

Terasa bodoh dan non sense, tetapi dari situlah kau akan menghargai apa itu ‘cantik.’ Menjadi ‘cantik’ bukanlah menjadi seperti apa yang mereka katakan atau yang trend katakan. Kalau kau mengejar untuk menjadi seperti Kendall Jenner, Behati Prinsloo, para personel girl’s generation, Megan Fox, Marilyn Monroe, Beyonce dan anggapan-anggapan ‘cantik’ yang disuguhkan media massa. Maka tak akan ada habisnya.

Bercerminlah, tersenyumlah, maka kau akan tahu apa itu ‘cantik’ yang sebenarnya. Tuhan menciptakan setiap wanita dengan kecantikannya. Dan percayalah bahwa cermin ajaib yang ada di depanmu tak akan pernah menipumu.

Tak penting apa yang orang katakan tentang kecantikanmu. Jangan menunggu orang lain mengatakan ‘kau cantik’ lalu kau baru mempercayai bahwa kau cantik. Kau memang cantik. Jangan percayai apa yang orang katakan, selalu ada udang di balik batu. Tetapi ketika dirimu sendiri yang mengatakannya, percayalah. Setidaknya jika dirimu sendiri ingin merayumu, kau tahu untuk apa rayuan itu.

Advertisements

Published by

nadhirulmaghfiroh

Hi, I'm me. Who am I? Read me. :P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s